PENGIBARAN BENDERA INDONESIA ANTI MAINSTREAM!

21 Aug 2020   Ku Ka   Kabar Ku Ka   Dibaca : 332 kali.
Pengibaran Bendera Indonesia Anti Mainstream!

Hi Lokalovers! Masuk di bulan Agustus menandakan kalau sebentar lagi Indonesia akan berusia 75 tahun pada tanggal 17 Agutus mendatang. Seperti tahun-tahun sebelumnya, di seluruh wilayah Indonesia, segenap masyarakat di Tanah Air akan mengibarkan Bendera Merah Putih untuk memperingati hari ulang tahun negara tercinta. 

Kamu tau gak kalau ternyata banyak pemecahan rekor yang tercapai dengan pengibaran bendera? Berikut ini adalah rekor-rekor pengibaran Bendera Merah Putih yang pernah dilakukan dan masuk Museum Rekor Indonesia (MURI):

Perentangan Kain Merah Putih Terpanjang


Pada tanggal 23 Maret 2020, Pemerintah Provinsi Gorontalo bersama generasi muda memperingati perjuangan Nani Wartabone, tokoh pejuang putra Gorontalo yang memimpin rakyat menurunkan bendera Belanda dan mengibarkan bendera merah putih yang diiringi lagu Indonesia Raya serta mendeklarasikan "Proklamasi Kemerdekaan Nasional” pada 23 Januari 1942. Setelah 78 tahun Proklamasi Kemerdekaan Nasional oleh Nani Wartabone, Pemerintah Provinsi Gorontalo bersama generasi muda memperingati perjuangannya sekaligus untuk mewarisi, melestarikan dan mengaktualisasikan nilai serta semangat juang. Sesuai dengan tantangan membangun Bumi Hulondalo, kegiatan ini disimbolkan dengan perentangan merah putih sepanjang 2.301 meter oleh 2.301 pelajar SMA dan SMK di jalan saat Nani Wartabone pernah ditandu rakyat Gorontalo dari pelabuhan untuk dibawa keliling kota sebagai bentuk penghormatan.


Nomor Rekor: 9408

Rekoris : Pemerintah Daerah Provinsi Gorontalo

Pelaksanaan : Gorontalo, 23 Januari 2020


Upacara HUT Republik Indonesia di Laut Peserta Kapal Ikan >30 GT Terbanyak

Dalam rangka memperingati HUT ke-74 Republik Indonesia yang lalu, dilaksanakan upacara pengibaran bendera di laut yang diikuti oleh 74 kapal ikan berukuran lebih dari 30GT yang ditumpangi 1,480 nelayan. Kegiatan ini diselenggarakan sebagai bentuk rasa cinta Tanah Air, memupuk rasa kebersamaan, serta wujud rasa persatuan dan kesatuan Republik Indonesia.


Nomor Rekor: 9116

Rekoris:

1. Ditpolair Korpolairud Baharkam Polri

2. Pelabuhan Perikanan Samudera Nizam Zachman (PPSNZ)

3. Direktorat Jenderal Pengawasan Sumberdaya Kelautan dan Perikanan (PSDK) Jakarta

Pelaksanaan: Teluk Jakarta, 17 Agustus 2019

 

Pembentangan Bendera Merah Putih Terbesar di Bawah Laut

Masih dalam rangka menyemarakkan HUT Kemerdekaan RI ke-74 serta memasyarakatkan olahraga selam, Korem 131/Santiago yang berlokasi di Manado mengadakan kegiatan pembentangkan bendera merah putih di bawah laut. Dengan panjang 500 meter dan lebar 6 meter, bentangan kain merah putih tersebut direntangkan pada kedalaman 15 hingga 20 meter dengan 74 penyelam yang berasal dari anggota TNI.

Nomor Rekor: 9109

Rekoris :

1. Mayjen TNI Tiopan Aritonang, S.I.P. (Panglima Kodam XIII/Merdeka)

2. Brigjen TNI Joseph Robert Giri, S.I.P., M.Si. (Komandan Korem 131/Santiago)

Pelaksanaan : Pantai Malalayang Manado, 15 Agustus 2019

 

 

Pembentangan Kain Merah Putih Terpanjang di Hamparan Persawahan


Persawahan Jatiluwih Penebel Tabanan adalah kawasan lanskap Subak Catur Angga Batukaru merupakan salah satu dari empat kawasan di Bali yang ditetapkan oleh UNESCO sebagai Warisan Budaya Dunia atas keunikan dan ciri khas pada sistem pertaniannya dengan irigasi tradisional subak. Di hamparan persawahan seluas 636 hektare berbentuk terasering di ereng Gunung Batukaru dengan ketinggian 700 mdpl yang memiliki pura untuk pemujaan Dewi Kemakmuran, Polda Bali membentangkan kain merah putih sepanjang 1.945 meter oleh 758 peserta dari unsur Polri, tokoh agama dan tokoh puri sebagai selebrasi syukur dan doa permohonan kemakmuran Indonesia di HUT RI ke-74.


Nomor Rekor: 9106

Rekoris : Irjen Pol. Petrus R Golose, Kapolda Bali

Pelaksanaan : Tabanan, 14 Agustus 2019


Pembentangan Bendera Merah Putih Terbesar


Polda Jawa Tengah mengisi rangkaian Millennial Road Safety Festival dengan tema Merajut Persatuan dalam Kebinekaan dan dalam semboyan “Tolak Kerusuhan, Jateng Damai, Indonesia Damai dan Indonesia Tanpa Kekerasan” dengan beberapa kegiatan di kawasan Simpang Lima Semarang. Berlangsung di Bandara Ahmad Yani Semarang, bendera merah putih dengan panjang 150 meter dan lebar 95 meter dibentangkan. 


Nomor Rekor: 9036

Rekoris: Irjen Pol Dr. H. Rycko Amelza Dahniel, M.Si., Kapolda Jateng

Pelaksanaan : Lapangan Simpang 5 Semarang, 23 Juni 2019


Terjun Bebas dengan Mengibarkan Bendera Merah Putih Terbesar


Acara puncak penutupan Para Dasar Akademi Militer TA 2019 yang merupakan salah satu kualifikasi di lingkungan TNI Angkatan Darat (AD) sebagai Pasukan Lintas Udara (Linud) diikuti oleh 263 taruna dan Taruni Tk IV/Sermatutar. Upacara yang dipimpin oleh Komandan Jenderal Kopassus Mayjen TNI. I Nyoman Cantiasa, SE, M.Tr. (Han) juga memberikan apresiasi kepada penerjun Kopassus yang telah menorehkan prestasi unjuk kebolehan terjun bebas pada 7 Desember 2018 di Kawasan Pakansari Cibinong Kabupaten Bogor dengan pemecahan Rekor-Dunia MURI membawa bendera merah putih berukuran 6 x 9 meter yang dikibarkan di udara pada saat melayang sebelum penerjun mengembangkan parasutnya. Unjuk kebolehan ini dilakukan oleh 14 penerjun Kopassus pada ketinggian 12.000 kaki atau 4.000 meter di atas permukaan tanah dengan menggunakan pesawat MI-17 milik TNI AD dan berkibar sekitar 15 detik sebelum penerjun memisahkan diri di udara.


Nomor Rekor: 8913

Rekoris:

1. Komando Pasukan Khusus (Kopassus)

2. Kolonel Inf. Yudha Airlangga (Komandan Latihan Pemecahan Rekor) dan Kelompok Peterjun Kopassus

Pelaksanaan: Penyerahan piagam di Batujajar, Bandung Barat, 19 Maret 2019



Pembentangan Kain Merah Putih di Sungai Terbanyak


Memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia ke-73 Tahun, Kapolda Kalimantan Tengah beserta jajaran melaksanakan kegiatan dengan mengusung tema semangat HUT ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia dalam mengukir prestasi Kalimantan Tengah penuh berkah serta menggelorakan suksesnya Asian Games Tahun 2018 di Jakarta dan Palembang. Usai upacara peringatan Detik-detik Proklamasi Kemerdekaan di Stadion Sanaman Mantikei Palangka Raya, anugerah Museum Rekor-Dunia Indonesia diberikan kepada Kapolda Kalimantan Tengah, Irjen Pol. Drs. Anang Revandoko. Beliau adalah pemrakarsa yang pada beberapa waktu sebelumnya menggelar aksi pembentangan kain merah putih di 14 daerah aliran sungai kabupaten/kota yang ada di Provinsi Kalimantan Tengah.


Nomor Rekor: 8576

Rekoris: Irjen Pol. Drs. Anang Revandoko, Kapolda Kalimantan Tengah

Pelaksanaan: Lapangan Sanaman Mantikei, Palangka Raya, 17 Agustus 2018



Terjun Payung Membawa Bendera Terbesar


Menyongsong Hari TNI AU 9 April, Denmatra 2 menyelenggarakan penerjunan sebagai kado ulang tahun ke-72 dengan membawa 12 bendera satuan dan peterjun Serka Sriyanto membawa bendera merah putih berukuran 35,90 meter×25, 30 meter dengan menggunakan pesawat Hercules C130.


Paskhas TNI AU adalah pasukan khusus Angkatan Udara yang berkualifikasi terlengkap di dunia dalam kemampuan tempur matra udara. Detasemen Matra 2/Naga Pasa, satuan setingkat Detasemen yang bermarkas di Lapangan Udara Abd. Rachman Saleh Malang merupakan pasukan komando yang dirancang sebagai pasukan operasi tempur gerak cepat.


Nomor Rekor : 8369

Rekoris :

1. Kol. Pnb Andi Wijaya, S.Sos., Danlanud Abd. Rachman Saleh

2. Letkol. Pas Helmi Ardiyanto Nange, S.E., M.M., Dan Denmatra 2 Paskhas

3. Serka Pas Sriyanto, Denmatra 2 Paskhas

Pelaksanaan : Lapangan Udara Abd. Rachman, Malang, 28 Maret 2018



Pemasangan Kain Merah Putih Terpanjang di Dinding Tebing


Penyebaran paham radikal akhir-akhir ini telah berevolusi melalui pemanfaatan kemajuan teknologi informasi para simpatisan yang berhasil direkrut tidak lagi harus selalu terorganisir dalam satu kelompok berstruktur, namun bebas beraksi sebagai individu. Salah satu bentuk aksi propaganda simpatisan diduga telah dilakukan di sekitar kawasan Pantai Pandawa. Oleh sebab itu, kegiatan Ikrar Pandawa Merah Putih yang disertai dengan pemasangan Kain Merah Putih sepanjang 400 meter dengan lebar 4 meter bertujuan menyampaikan pesan tegas kepada kelompok radikal anti Pancasila bahwa mereka akan berhadapan dengan segenap komponen bangsa secara umum dan khususnya yang ada di Bali.


Nomor Rekor: 8030

Rekoris : Kepolisian Negara Republik Indonesia Daerah Bali-(POLDA BALI)

Pelaksanaan : Pantai Pandawa, Bali, 14 Agustus 2017



Itu dia beberapa rekor Indonesia yang diraih para anak bangsa dengan mengibarkan bendera Indonesia, membanggakan sekali ya karena pastinya butuh usaha, kerja keras disertai kerjasama yang kompak! Kira-kira untuk perayaan HUT Republik Indonesia ke-75 akan ada pemecahan rekor Indonesia atau dunia mungkin? Mari ditunggu saja ya Lokalovers!
 


Sumber: MUSEUM REKOR INDONESIA

 

Comments
Use a Facebook account to add a comment, subject to Facebook's Terms of Service and Privacy Policy. Your Facebook name, photo & other personal information you make public on Facebook will appear with your comment, and may be used on Starvision's media platforms. Learn more.