MAKNA DARI LOGO HUT RI KE-75

19 Aug 2020   Ku Ka   Kabar Ku Ka   Dibaca : 374 kali.
Makna dari Logo HUT RI KE-75

Hi Lokalovers! Kita sedang merayakan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke-75 tahun, seperti tahun-tahun sebelumnya pasti akan ada logo yang terkait dengan tema tahunan yang akan diusung. HUT RI ke-75 kali ini, Indonesia mengusung tema yang berbeda dan memiliki makna mendalam. Logonya pun sudah resmi dirilis dengan warna merah yang mendominasi dan angka 75 yang berwarna putih. Di usia 75 tahun ini, Indonesia tengah berjuang melawan pandemi COVID-19 yang juga melanda banyak negara di dunia. Perayaan hari 17 Agustus 2020 atau HUT RI ke-75 ini pun sudah diatur dalam surat nomor B-492/M.Sesneg/Set/TU.00.04/07/2020 terkait Pedoman Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-75 Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) Tahun 2020 sebagai pencegahan penularan COVID-19. Pembuatan Logo memiliki relevansi dengan tujuan di peiode yang baru ini yaitu, pembangunan infrastruktur, pembangunan sumber daya manusia, penciptaan lapangan kerja serta pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil & Menengah.

Tema

Dalam HUT RI ke-75 kali ini, Indonesia mengambil tema peringatan hari 17 Agustus 2020 dengan 'Indonesia Maju'. Tahun 2019 adalah tahun pertama di periode pemerintahan Joko Widodo dan Ma’aruf Amin (Kabinet Indonesia Maju) sebagai Presiden dan Wakil Presiden. Indonesia Maju juga menggambarkan sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Indonesia Maju merupakan representasi dari Pancasila sebagai pedoman dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, sebagai simbol dari Indonesia yang mampu untuk memperkokoh kedaulatan, persatuan dan kesatuan Indonesia.

 

Logo

Logo perayaan HUT RI ke-75 ini juga terinspirasi dari simbol perisai yang ada dalam lambang Garuda Pancasila. Di logo ini Indonesia digambarkan sebagai negara yang mampu memperkokoh kedaulatan dan menjaga persatuan dan kesatuan Indonesia.

Selain itu, logo ini juga menjadi simbol kesetaraan dan pertumbuhan ekonomi untuk rakyat Indonesia dan kerja nyata untuk mempersembahkan hasil terbaik bagi rakyat Indonesia. 

Peringatan HUT ke-75

Tahun ini peringatan HUT RI ke-75 memang sangat berbeda. Upacara HUT RI ke-75 akan digelar di Istana Kepresidenan dengan jumlah yang terbatas. Total hanya ada 6 pejabat yang menghadiri upacara secara fisik seperti Presiden Jokowi, Wakil Presiden Ma'ruf Amin, Menteri Agama Fachrul Razi hingga Kapolri Jenderal Idham Azis. Dalam surat edaran yang diteken Mensesneg Pratikno disebutkan "Upacara hanya dihadiri oleh Presiden (selaku inspektur upacara), dan Wakil Presiden serta petugas upacara, yaitu Ketua MPR (selaku pembaca teks proklamasi), Menteri Agama (pembaca doa), Panglima TNI, dan Kapolri, serta tidak mengundang pejabat dan masyarakat," tulis surat edaran tersebut. Sedangkan untuk menteri hingga kepala daerah akan mengikuti upacara secara virtual di kantor masing-masing. Sedangkan untuk setingkat pimpinan tinggi pratama hingga pegawai instansi di pusat maupun daerah diwajibkan untuk menonton siaran langsung upacara di Istana Merdeka di rumah masing-masing.

 

Sumber: setneg.go.id

 
 

Comments
Use a Facebook account to add a comment, subject to Facebook's Terms of Service and Privacy Policy. Your Facebook name, photo & other personal information you make public on Facebook will appear with your comment, and may be used on Starvision's media platforms. Learn more.