TEBAK KARAKTER DENGAN SAMBAL FAVORIT

02 Jun 2020   Ku Ka   Gaya Hidup   Dibaca : 154 kali.
Tebak Karakter dengan Sambal Favorit

Sambal adalah koentji, makanan favorit orang Indonesia. Hampir semua jenis makanan harus ada sambal sebagai pelengkapnya. Makan nasi doang juga bisa pakai sambal, apalagi semua jenis gorengan, makanan berkuah, mie instant harus selalu disertai dengan sambal sebagai pelengkapnya. Walopun si cabenya sendiri konon bukan tumbuhan asli Indonesia tapi dibawa oleh penjajah dari benua Amerika sana tapi cabe sudah menjadi bagian dari hidup orang Indonesia.

Eh gimana nih kamsudnya judulnya? Hahahahaha …. Katanya sih kita bisa menebak karakter atau kepribadian seseorang dengan sambal favoritnya, ada yang udah pernah nebak temen sebangku atau temen kantor atau anak baru cuma dari ngeliatin dia lagi makan sambal apa gitu? Kalo terbukti akurat bisa memudahkan per’modus’an masa kini nih dari sambal bisa mutualan dong! Yuk kita ceki ceki bareng sambalnya ~


Sambal Bajak


ilustrasi: Sajian Sedap


Sambal ini pastinya berbahan dasar cabe merah lalu dicampur tomat, terasi, bawang merah, bawang putih, lengkuas, daun salam, serai, asam jawa, gula merah, dan garam. Rame yaaaaaa pasti heboh nih, udah gitu rasanya bisa ‘ngebajak’ lidah. Si penyuka sambal bajak adalah orang yang jujur, tegas dan rada ‘pedes’ kalo ngomong. Penyuka sambal bajak disukai sama banyak orang, semoga dia gak hobi ngebajak gebetan juga ya.


Sambal Bawang
 

ilustrasi sambal./Copyright shutterstock.com/g/Wisnu+yudo+wibowo


Sambal bawang tergolong jenis sambal yang pedas. Racikannya terbuat dari campuran cabe rawit, bawang putih, gula dan garam. Rasanya yang pedas gurih pas disantap bersama ayam maupun bebek goreng. Si penyuka sambal bawang adalah orang yang berani, suka dengan tantangan dan jadi pusat perhatian nih, biasanya punya banyak ‘geng’ nih gak di sekolah, di kompleks bahkan group WhatsApp. 


Sambal Terasi
 

Ilustrasi: resepmasakannusantara.org

Seperti namanya, bahan utama dalam sambal ini adalah terasi. Aroma terasi  bikin sambal ini makin nikmat. Campuran cabe, bawang merah dan tomat membuat perpaduan rasa teramat lezat. Biasanya dimakan sama lalapan nih. Penyuka sambal terasi adalah orang yang gak neko-neko alias ga ribet, manis dalam bersikap & kalo baru kenal bisa langsung nyambung, mantap.

Sambal Dabu-Dabu
 

ilustrasi: ZonaMasak.com 

Sambal khas Manado ini berbahan dasar cabe merah, bawang merah, tomat, jeruk nipis dan sedikit minyak. Penyuka sambal dabu-dabu ini orangnya gak suka basa-basi. Selain itu dia juga ceria bangetttt keliatan dari campuran warna-warninya.

Sambal Matah
 

Ilustrasi: https://kuliner-umami.blogspot.com

Nah sambal khas Bali ini sekilas mirip sama dabu-dabu dari Manado ya, biasanya penyuka sambal matah pasti punya BFF/ temen deket yang demen dabu-dabu, penyuka sambal matah gak pilih-pilih temen, apa adanya& mudah banget ketebak, baik pikiran ataupun perasaannya.


Sambal Ijo
 

ilustrasi: https://resepdanmasakan.com 

Sambal ijo biasanya ada di rumah makan Padang atau Sunda nih, kalo  versi Sunda biasanya dibakar. Sambal ini bahan dasarnya cabe hijau dengan bawang merah, bawang putih, tomat hijau, gula, garam dan air jeruk nipis. Penyuka sambal cabai ijo ini adalah orang yang mencolok dan suka tampil beda.

Gimana Lokalovers udah mulai nebak-nebak karakter gebetan dari sambal favoritnya belum? Uhmmmm, kalo gak suka sambal gimana nih? Wah kalo gitu kayaknya cari yang lain ya hahahaha, orang Indonesia paling gak sih mesti bisa makan sambal walopun cuma seiprit ya, rugi banget kalo gak doyan karena sambal selain menambah nafsu makan bikin hidup penuh dengan warna & rasa …... ciyeeee ……. Semoga bisa memberikan pencerahan ya, apapun sambalnya yang penting statusnyaaaaaaaa!

Cover Image: Background photo created by valeria_aksakova - www.freepik.com

 

Comments
Use a Facebook account to add a comment, subject to Facebook's Terms of Service and Privacy Policy. Your Facebook name, photo & other personal information you make public on Facebook will appear with your comment, and may be used on Starvision's media platforms. Learn more.