MENGAPA HARUS DUKUNG PRODUK LOKAL?

28 May 2020   Ku Ka   Saatnya Lokal   Dibaca : 114 kali.
Mengapa  Harus Dukung Produk Lokal?

Sebelum Ku Ka bahas lagi judulnya, jangan bosen-bosen ya diinfo sama Ku Ka tentang produk lokal, karena kalo bukan kita yang banggain siapa lagi coba? Hehehehe … Sudah hampir 2 bulan lebih pandemi Covid 19 menjadi masa sulit bagi para pelaku UMKM karena berdampak besar terhadap bisnis, padahal UMKM jadi salah satu kekuatan ekonomi bangsa untuk menghadapi perdagangan bebas. 

 

UMKM juga membantu mengatasi masalah lapangan kerja, banyak UMKM yang bisa menembus pasar Internasional karena adanya pemasaran digital seperti Ku Ka nih salah satunya, mari flashback sejenak ke tahun 2018, Ku Ka melalui portal ruKuKa.com (rumah Ku Ka) berkolaborasi dengan (X)SML terbang ke Tokyo membawa karya-karya terbaik milik enam desainer independen kebanggaan Indonesia. Karya-karya terbaik bangsa ini ditampilkan di Amazon Fashion Week Tokyo 2018 pada 19 Maret 2018.

Ku Ka mengusung tema #saatnyalokal

Ku Ka marketplace khusus produk lokal Indonesia, konsisten dengan janjinya untuk selalu berjalan maju bersama produk lokal. Jika platform online lain memudahkan masuknya produk luar ke Indonesia, Ku Ka di tahun 2019 menerbangkan 3.200 produk dari 30 merek lokal Indonesia. Produk-produk dipamerkan dan diperjualbelikan dalam momen Hello 2019, Love Indonesia di SEIBU Shibuya Jepang. Melalui proses panjang selama delapan bulan, membawa produk lokal menuju pasar global bukan perkara mudah. Tantangan yang menjadi kendala di administrasi dan sertifikasi, walaupun produk sudah lolos pemetaan kurasi dari segi desain dan kualitas Ku Ka. Namun berkat kerja keras, segala upaya tersebut akhirnya berbuah manis. Bermodalkan surat keterangan dari Atase Perdagangan KBRI Tokyo mengenai proyek Hello 2019 Love Indonesia, Ku Ka berhasil mendapat surat keterangan dari Kementerian Perdagangan terkait pengiriman produk kopi.

 

Kemudian untuk pengiriman produk-produk lainnya, melalui kerja sama dengan Garuda Cargo dan perusahaan jasa ekspor. Dengan demikian, tibalah 3.200 produk lokal Indonesia di Jepang pada 18 Desember 2018. Produk-produk ini tampil di Hello 2019 Love Indonesia, yang digelar pada 1-14 Januari 2019.


Dokumentasi showcase di SEIBU, Shibuya

 

Penetrasi Produk Lokal Ku Ka ke Jepang

Tahun 2019 menjadi tahun yang berkesan bagi Ku Ka karena untuk kedua kalinya, Ku Ka kembali memasarkan produk ke luar negeri. Ku Ka bersama partnernya, Riri and Dot, menggelar pameran dan bazaar produk lokal Indonesia kedua. Acara ini digelar pada 1-14 Maret 2019 di ShinQ Hikarie, lantai 5. Pameran ini terbuka untuk umum dari pukul 10.00 - 21.00 waktu Jepang. Sekitar seribu produk dari puluhan merek Indonesia dipamerkan dan diperjualkan dalam acara bertajuk Indonesia Bazaar.

Dengan membawa produk-produk Indonesia ke Jepang, Ku Ka beserta merek-merek lokal yang berpartisipasi mendapat banyak masukan dengan mengikuti standarisasi produk yang ada.Bazaar kedua Ku Ka di Jepang mendapat dukungan penuh dari Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Tokyo. Selain Indonesia Bazaar di Hikarie, Ku Ka bersama (X)SML Fashion kembali berpartisipasi dalam Amazon Fashion Week Tokyo 2019.

Jadi kalau kembali ditanya mengapa harus produk lokal Indonesia, jawabannya …… karena produk Indonesia mampu bersaing dengan produk yang ada di luar negeri, produk Indonesia juga banyak dinikmati karena keunggulan designnya yang unik khas Indonesia serta banyak variasinya, kalau untuk kualitas sudah ada yang akhirnya bisa menyesuaikan standar negara tujuan. Ku Ka akan selalu mendukung kemajuan produk lokal Indonesia dan membuka peluang kerjasamanya seluas-luasnya bagi para UMKM, stakeholders, pemerintah maupun pihak swasta lainnya untuk berkolaborasi membuat suatu kegiatan maupun kampanye untuk membuat produk Indonesia bisa berjaya tidak hanya di negara sendiri. 

 

Semoga di tengah masa pandemi ini, para UMKM bisa saling mendukung untuk tetap berkarya & berkreasi, dengan adanya Gerakan Nasional #BanggaBuatanIndonesia yang digaungkan pemerintah sebagai upaya penggabungan antara masyarakat, e-commerce, dalam mendukung perekonomian UMKM saat ini serta pemulihan pasca pandemi. Nantinya dalam gerakan ini para pelaku UMKM akan mendapatkan pelatihan dan edukasi tentang digital skill. 

 

Harapan dari Gerakan #BanggaBuatanIndonesia ini yakni, UMKM dapat bertahan  dalam keadaan apapun dan bisa terus berkembang untuk menjangkau customer di berbagai daerah di penjuru Dunia. Yuk sama-sama kita dukung gerakan #BanggaBuatanIndonesia dengan membeli & menggunakan produk-produk lokal hasil para UMKM di Indonesia. Kamu bisa cek produk-produk lokal di kuka.co.id juga ya, boleh dong promo lagi yaaaa, semoga setelah pandemi Ku Ka bisa kembali membawa produk-produk lokal luar negeri lagi, bantu aminin dan tetap dukung Ku Ka ya!

Sumber: Dokumentasi Kegiatan Ku Ka Event di Jepang

Background cover photo created by natanaelginting - www.freepik.com

Comments
Use a Facebook account to add a comment, subject to Facebook's Terms of Service and Privacy Policy. Your Facebook name, photo & other personal information you make public on Facebook will appear with your comment, and may be used on Starvision's media platforms. Learn more.