CINTA PRODUK LOKAL, KALAU BUKAN KITA, SIAPA LAGI?

18 May 2020   Ku Ka   Saatnya Lokal   Dibaca : 109 kali.
Cinta Produk Lokal, Kalau Bukan Kita, Siapa Lagi?

Pada 14 Mei 2020 kemarin, Presiden Jokowi meresmikan Gerakan Nasional #BanggaBuatanIndonesia secara live conference. Gerakan ini dibuat sebagai bentuk dukungan dan dorongan Pemerintah terhadap para pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM), khususnya di masa pandemi COVID-19. Selain itu, kampanye nasional ini bertujuan meningkatkan semangat kita sebagai warga Indonesia untuk bangga menggunakan barang buatan negeri sendiri (local pride).

Ku Ka Aku Suka sejak awal sudah berkomitmen untuk terus mendukung produk lokal Indonesia agar lebih unggul. Platform jual/beli online kuka.co.id mengkurasi produk dengan standar yang baik, harapannya agar mampu bersaing dengan produk-produk berlabel luar negri. Bukan hanya dalam bentuk online marketplace, Ku Ka juga menggagas The Local market ID, offline bazaar yang berisikan produk-produk lokal yang telah melalui tahap kurasi.

Meskipun begitu, minat masyarakat Indonesia untuk menggunakan produk lokal tetap saja rendah. Padahal, banyak produk Indonesia yang memiliki kualitas lebih baik dan desain/corak yang juga banyak dicontoh oleh negara/brand lain. Lantas, apa yang mengharuskan kita, orang Indonesia, untuk mencintai produk lokal Indonesia?

Kalau kita melirik ke negara tetangga, Jepang misalnya, mereka loyal dengan menggunakan barang-barang buatan negara mereka sendiri. Dengan begitu, perputaran ekonomi di negaranya berjalan dengan sangat baik, sejahtera rakyatnya.

Banyak hal dengan dampak besar jika kita mulai membiasakan diri untuk mulai mencintai dan menggunakan produk lokal, diantaranya:

-      Produksi dalam negeri meningkat
-      Menambah besar skala usaha dalam negeri
-      Menambah jumlah investasi di Indonesia
-      Meningkatkan jumlah lapangan pekerjaan
-      Mengurangi angka kemiskinan dan kriminalitas
-      Menambah jumlah pendapatan nasional
-      Meningkatkan pertumbuhan ekonomi negara
-      Meningkatkan kesejahteraan masyarakat

Nah, jika kita selalu menyerukan bahwa kita cinta Indonesia dan peduli akan saudara-saudara kita di tengan masa pandemi ini, coba deh, mulai dengan hal kecil seperti membeli produk yang mereka buat. Atau, sekadar ikut mempromosikan produk/brand lokal yang sedang mereka rintis.

Mulai percaya dengan kualitas produksi yang baik oleh SDM kita, dukung dan beli produknya. Kalau bukan kita, lantas siapa lagi?

#BanggaBuatanIndonesia

Comments
Use a Facebook account to add a comment, subject to Facebook's Terms of Service and Privacy Policy. Your Facebook name, photo & other personal information you make public on Facebook will appear with your comment, and may be used on Starvision's media platforms. Learn more.