LEPAS RINDU DENGAN LEBARAN VIRTUAL

15 May 2020   Ku Ka   Gaya Hidup   Dibaca : 174 kali.
Lepas Rindu Dengan Lebaran Virtual

Bulan Ramadhan kali ini memang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Pandemi dunia virus covid-19 memaksa kita untuk tetap di rumah saja. Segala aktivitas dibatasi. Ada protokol kesehatan yang harus dipatuhi. Beribadah yang biasanya dianjurkan di tempat ibadah kini harus dilakukan di rumah.
 
Begitu juga peraturan mudik (pulang kampung) yang telah dibatasi oleh pemerintah. Baca artikel lengkapnya di sini: https://blog.kuka.co.id/page/content/334/BAGAIMANA-JADINYA-KALAU-TIDAK-MUDIK-Pembatasan-Penerbangan-dan-Pelarangan-Mudik-2020-akibat-Pandemi-Covid-19.  Mudik yang sejatinya menjadi tradisi untuk bersilaturahmi dengan orang tua dan kerabat di rumah, secara resmi dilarang. Banyak hal yang harus berubah di masa sulit sekarang ini.





Untungnya, saat ini teknologi komunikasi maju pesat. Meskipun belum bisa bersilaturahmi secara fisik, kita masih bisa telepon atau video call. Setidaknya sedikit dapat mengobati rindu keluarga. Meskipun tetap saja, berpelukan, jabat tangan, tatap muka dari dekat & melihat senyuman orang-orang terdekat adalah yang paling kita inginkan.
Namun kita harus melepas ego untuk kebaikan kita bersama. Dengan mengikuti anjuran pemerintah untuk tetap di rumah dan tidak mudik, kita turut memegang andil besar untuk menekan penyebaran virus covid-19.
Saat ini, pilihan terbaik adalah dengan Lebarn virtual alias online. Kita tetap bisa bersilaturahmi tatap muka melalui video call/video conference dengan keluarga secara gratis. Menurut hype.grid.id, Ada beberapa pilihan aplikasi pertemuan virtual, tiga aplikasi yang belakangan ini sering dipakai, yaitu Zoom Meeting, Google Hangouts, dan WhatsApp.



Semenjak kebijakan #WFH alias Work From Home dan juga School From Home, dua aplikasi Zoom Meeting dan Google Hangouts lebih populer karena bisa diakses oleh banyak peserta conference.

GOOGLE HANGOUT MEET


 
Mulai pertemuan dengan membuka Buka http://hangouts.google.com atau buka aplikasi Google Hangouts (iOS dan Android) di smartphone, lalu masuk dengan akun Gmail. Bikin grup percakapan terlebih dahulu, kemudian masukkan alamat Gmail atau alamat email orang yang ingin kita ajak bertemu. Dengan aplikasi ini, satu grup hanya bisa dilakukan hingga 10 orang, Jika lebih dari 10 orang, harus pakai Google Meet dengan mendaftar akun berbayar (G-suite) lebih dulu. Nah, selain video call, bisa juga chat dan telepon melalui sambungan internet ke alamat email teman. Durasi panggilan video, chat, dan telepon tak terbatas, tergantung jaringan internet kita dan pertemuan bisa dijadwalkan namun video tak bisa direkam untuk disimpan.
 
ZOOM MEETING



Masuk dengan membuka http://web.zoom.us atau buka aplikasi Zoom (iOS dan Android) di smartphone, lalu Masuk atau daftar menggunakan email. Tuliskan alamat email yang akan diundang, atau berikan URL pertemuan melalui WhatsApp, email, atau SMS. Dengan menggunakan Zoom, dalam sekali pertemuan kita bisa mengundang orang maksimal 100 orang, namun Durasi pertemuan terputus otomatis setiap 40 menit. Jika Sahabat Nova ingin menambah kapasitas orang atau durasi pertemuan harus upgrade akun dengan biaya mulai Rp230.000 per bulan. Selain video call, bisa share screen, misalnya untuk membagikan foto atau video ke peserta pertemuan, pertemuan pun bisa dijadwalkan dan direkam umtuk disimpan.
 

 
WHATSAPP



Selain Zoom dan Google Hangouts, akhir April 2020 lalu WhatsApp juga merilis fitur video call yang bisa digunakan untuk pertemuan virtual. Hanya saja, batas maksimal peserta yang bisa ikut dalam sekali panggilan video itu sebanyak 8 orang. Meski begitu, fitur tersebut bisa digunakan gratis tanpa batasan durasi. Keunggulan WhatsApp ini justru karena aplikasinya simpel, tidak banyak fitur, sehingga penggunaannya mudah, apalagi sebagian besar dari kita sudah akrab dengan aplikasi ini. Untuk menggunakan panggilan video ke banyak orang itu mudah saja, saat melakukan panggilan ke salah satu temanatau kerabat, pilih fitur video call. Kemudian tambahkan teman lainnya untuk bergabung, saat panggilan berlangsung. Nah, seperti layaknya panggilan yang mengandalkan jaringan internet, pastikan koneksinya stabil ya, agar tampilan gambar dan suaranya tak terputus-putus.


Sumber: https://hype.grid.id/
 
 

Comments
Use a Facebook account to add a comment, subject to Facebook's Terms of Service and Privacy Policy. Your Facebook name, photo & other personal information you make public on Facebook will appear with your comment, and may be used on Starvision's media platforms. Learn more.