BOSAN DAN NGGAK MAU MAKAN NASI? INI 5 ALTERNATIF KARBOHIDRAT UNTUK SAHUR

12 May 2020   Ku Ka   Gaya Hidup   Dibaca : 120 kali.
Bosan dan Nggak Mau Makan Nasi? Ini 5 Alternatif Karbohidrat untuk Sahur

Nggak makan nasi saat sahur bikin lapar? Nggak juga kok. Ini alternatif karbohidrat yang bisa kamu coba untuk sahur. 

Tentunya familiar kan dengan ungkapan “belum makan kalau belum makan nasi”. Nasi jadi makanan pokok yang sulit dipisahkan dari hidangan Asia, khususnya Indonesia. Sumber karbohidrat utama yang dimakan sehari-hari ya nasi putih. Meski bisa memenuhi kebutuhan karbohidrat, nasi putih memiliki kadar gula yang tinggi. 

Nah, kalau kamu sedang mengurangi nasi putih atau simply ingin makan karbohidrat yang lain, bisa coba beberapa alternatif berikut:

Rolled Oats
Rolled Oats adalah salah satu pengganti nasi yang paling mudah dikreasikan jadi oatmeal. Selain tinggi serat, oat juga kaya akan zat besi, dan vitamin B. Buat yang terbiasa sama makanan hangat, oatmeal tinggal direndam air panas dan dimakan dengan lauk. Bisa juga merendam oats dengan susu kedelai untuk jadi semacam “dessert”.



Quinoa
Buat yang punya sensitivitas terhadap gluten dan nggak bisa mengkonsumsi oats, opsi yang bisa dipilih adalah quinoa. Mendapat julukan ‘The Super Grain’, quinoa nggak hanya tinggi serat, juga merupakan kaya asam folat dan sumber antioksidan. Bisa dimakan dengan lauk, campuran salad, atau juga dimasak ala nasi goreng.



Ubi
Ubi merupakan salah satu alternatif karbohidrat yang paling mudah diolah. Mau direbus, kukus, panggang, ataupun digoreng menggunakan airfryer juga bisa. Seratnya tinggi, mengandung vitamin A, B6, C, kalium, dan juga beta-karoten. 



Brokoli

Sayuran hijau yang satu ini juga bisa jadi alternatif karbohidrat pengganti nasi untuk sahur. Karena bukan termasuk grains, asupan sayuran juga bisa terpenuhi dengan makan brokoli. Sayuran hijau ini selain tinggi serat, juga rendah kalori dan mengandung vitamin K.



Pisang

Lebih suka makanan manis? Pisang juga bisa dimakan saat sahur. Buah ini mengandung vitamin B, kalium juga serat. Biar lebih kenyang, kamu juga bisa menambahkan potongan pisang ke oatmeal atau dibuat smoothie.

Semoga bisa menambah ide makanan untuk sahurmu ya, lokalovers. Selamat puasa!

(CI)
 

Comments
Use a Facebook account to add a comment, subject to Facebook's Terms of Service and Privacy Policy. Your Facebook name, photo & other personal information you make public on Facebook will appear with your comment, and may be used on Starvision's media platforms. Learn more.