THE LOCAL MARKET ONLINE, STRATEGI PEMASARAN ALTERNATIF UNTUK PRODUK KREATIF

13 Apr 2020   Ku Ka   Kabar Ku Ka   Dibaca : 509 kali.
The Local Market Online, Strategi Pemasaran Alternatif Untuk Produk Kreatif

The Local Market adalah bazar khusus produk lokal yang digagas oleh PT Ku Ka Aku Suka berkolaborasi dengan banyak artisan di Indonesia. Pada tiap penyelenggaraannya, The Local Market berfokus pada pengembangan sustainable product dari UMKM lokal untuk menciptakan circular economy.

 

Memasuki tahun keempat, di tahun 2020 ini, The Local Market membuat konsep yang berbeda dari bazar sebelumnya. Tidak lepas dari misi untuk mengembangkan produk lokal dan menciptakan komunitas yang luas bagi para pelaku usaha, pengrajin dan produsen lokal, The Local Market - Spring Edition yang seharusnya diselenggarakan 27-29 Maret 2020 ini juga mengajak banyak komunitas untuk berkolaborasi.

 

Namun, adanya pandemi global akibat COVID-19, seluruh kegiatan harus dibatalkan demi memutus mata rantai penyebaran virus. Pandemi ini berpengaruh besar terhadap sektor perekonomian dunia tidak terkecuali produk kreatif Indonesia yang belakangan sedang berkembang. The Local Market sendiri harus dijadwalkan ulang sampai waktu yang belum bisa ditentukan. Hal ini menimbulkan keresahan para pelaku usaha, terutama bagi banyak artisan atau produsen lokal yang sudah mempersiapkan diri untuk kegiatan ini.
 

“Masa pandemi ini memang terasa berpengaruh terhadap penjualan kami, terutama karena banyak stock di offline store dan beberapa sudah dipersiapkan untuk event bazar.” ujar Sanjung sebagai pemilik Sancraft.id


Hal serupa diungkapkan Casa Grata, sebagai produsen kudapan sehat di The Local Market, “Sejak pandemi, pembelian bahan kami terbatas diikuti dengan penjualan yang menurun.”


Ku Ka sebagai salah satu platform online terbesar yang berdedikasi untuk produk UMKM Indonesia juga penggagas The Local Market ID, membuat alternatif berupa bazar online melalui platform miliknya www.kuka.co.id, guna membantu para pelaku usaha Indonesia dapat tetap produktif. The Local Market Online akan dimulai pada Senin, 13 April 2020.


“Saat ini keadaannya memang sedang sulit, The Local Market signature bazar kami seharusnya berjalan di akhir Maret lalu. Kami merasa tidak bisa berdiam diri demi berjalannya pemasaran produk lokal Indonesia, maka kami putuskan untuk mengadakan The Local Market secara online.” ujar Titonius Karto selaku Founder dari Ku Ka.

 

The Local Market Online ini menjadi harapan tersendiri bagi brand lokal yang terlibat. “Harapannya, The Local Market Online bisa turut membantu meningkatkan penjualan dan brand awareness kami lagi.” ujar Sanjung dari Sancraft ID sebagai salah satu brand yang terlibat.
 

The Local Market Online bekerja sama dengan para produsen lokal seperti Petang Hari, Pemanik, Herbana, TRI Upcyle, Setempe dan masih banyak lainnya berupaya menyediakan produk yang dibuat dengan sepenuh hati untuk kalian selama #dirumahaja. Berikut beberapa produsen lokal yang tergabung dalam The Local Market Online:

1. Fashion



2. Accessories



3. Health & Beauty



4. Craft & Up (Recycled)




5. Food & Baverage



The Local Market Online akan memberikan gratis pengiriman untuk wilayah JABODETABEK tanpa ada minimum pembelian di website www.kuka.co.id. Selain itu, Ku Ka akan memberikan merchandise berupa tote bag & masker kain bagi pembeli dengan minimum transaksi Rp 350.000.
 

PT Kuka Aku Suka, The Local Market dan jiwa-jiwa kreatif Indonesia juga membuat gerakan #NyanyiUntukIndonesia, sebagai bentuk apresiasi bagi mereka yang menjadi garda terdepan, juga dukungan bagi masyarakat yang terdampak wabah virus COVID-19. Kami percaya lagu punya banyak arti dan dampak bagi mereka yang menyanyi dan mendengarkannya. Melalui gerakan #NyanyiUntukIndonesia, Ku Ka bersama para pesohor, seniman, dan tokoh masyarakat mengajak masyarakat untuk berpartisipasi menyanyikan lagu "Indonesia Pusaka" dan akan mengunggahnya melalui platform media sosial @kuka_akusuka & @thelocalmarket.id sebagai bentuk support yang tidak pernah berakhir.

Yuk, kita dukung selalu UMKM di Indonesia supaya mereka tetap bergerak sebagai andil dalam perputaran roda ekonomi di Indonesia. Mulai tanamkan “cinta produk Indonesia” dalam diri kita masing-masing. Sekadar bantu share usaha yang sedang mereka promosikan adalah langkah kecil yang bisa saja berdampak besar, lho.

#dihatiKU #KAmudekat #KuKauntukIndonesia #NyanyiUntukIndonesia

Sumber: swa.co.id

(CI)

Comments
Use a Facebook account to add a comment, subject to Facebook's Terms of Service and Privacy Policy. Your Facebook name, photo & other personal information you make public on Facebook will appear with your comment, and may be used on Starvision's media platforms. Learn more.