WISATA KELILING INDONESIA SELAMA #DIRUMAHAJA, YUK!

09 Apr 2020   Ku Ka   Kabar Ku Ka   Dibaca : 329 kali.
Wisata Keliling Indonesia Selama #DirumahAja, Yuk!

Geser feed Instagram dan melihat teman-teman yang unggah foto-foto lama saat liburan, semakin membuat kita kangen untuk jalan-jalan ke alam bebas, yah?

 

Namun begitu, karena adanya pandemi dunia akibat covid-19, tempat-tempat wisata ditutup sementara atas kebijakan pemerintah soal #physicaldistancing. Kita dihimbau untuk self quarantine dan #dirumahaja untuk menghindari penyebaran virus yang semakin masif.

 

Oleh karena itu, kita harus pandai menyiasati kegiatan selama di rumah. Mulai dari cari-cari hobi baru seperti memasak, berkebun atau menulis.

 

Nah, pemerintah juga sama, mereka juga menyiasati kegiatan-kegiatan untuk masyarakat supaya tetap betah berada di dalam rumah. Salah satunya dengan membuat Wisata Virtual 360o.



Gambar: bit.ly/DirumahAja360

 

KEMENPAREKRAF RI (Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI) di masa pandemi ini membuat 360o Virtual Destinasi Indonesia. Program ini dibuat sebagai bentuk aktifitas masyarakat selama #dirumahaja dengan menjelajah Indonesia secara virtual.

 

Hanya dengan masuk pada tautan bit.ly/DiRumahAja360, kita bisa melihat beragam destinasi wisata Indonesia, dari mulai wisata alam, kuliner, pengetahuan dan sejarah serta masih banyak lagi.

 

Tak hanya dalam bentuk foto 360o, kita juga bisa berwisata melalui video 360o, vlog di Youtube, virtual tour dan artikel-artikel menarik sebagai bacaan untuk menambah wawasan. Bukan hanya sekadar berwisata, melalui program ini, kita juga dapat belajar dan tahu lebih banyak tentang destinasi kebudayaan Indonesia. 

 

Setelah masuk pada laman bit.ly/DiRumahAja360, kita akan melihat pilihan destinasi yang ingin kita tuju. Kemudian, klik “LINK” dan beragam destinasi menarik siap kita pilih. Tidak hanya wisata alam Indonesia, ada juga museum-museum di Indonesia dan pengetahuan seni budaya, seperti sejarah batik, macam-macam Wayang dan lainnya.
 


 

Kita akan dibawa menjelajah banyak hal, mulai dari penanjakan menuju Kawah Ijen di Banyuwangi, menyelam di taman bawah laut Raja Ampat, sampai melihat pertunjukan tari tradisional yang memikat hati.
 

Dengan kamera 360o, seakan-akan kita berada di sana, melihat sekeliling area dari sudut pandang segala sisi. Pada masa-masa karantina mandiri ini, bisa melihat dan mencoba wisata virtual seperti ini sungguh bikin senang hati.

 

Sambil pilih-pilih destinasi, melihat-lihat dan terpukau, kita juga bisa mengedukasi buah hati sehingga mereka tidak merasakan jenuh dan dapat membuka wawasan baru.
 


 

Bahkan, untuk virtual tour museum, kita juga bisa melihat objek-objek yang dipajang secara detil. Mulai dari koleksi sejarah, lukisan dan masih banyak lainnya. Kalau begini, seharian di rumah pasti bisa tidak terasa, yah… hehe


Gambar: 
https://artsandculture.google.com/project/wonders-of-Indonesia

 

Pada website resmi KEMENPAREKRAF tersebut, kita juga dapat mengakses pilihan Google Art and Culture Indonesia, atau melalui tautan berikut ini: https://artsandculture.google.com/project/wonders-of-Indonesia. Kita akan sadar ternyata banyak sekali hal yang belum kita tahu tentang kebudayaan, seni dan sejarah kebesaran tanah air kita, lho!
 

Bagaimana? Kira-kira apa yang Kamu mau lihat lebih dulu dari pilihan destinasi wisata virtual 360o dari KEMENPAREKRAF? Kalau aku sih, kayaknya mau ikutan menyelam lihat ikan-ikan dan terumbu karang yang cantik di Raja Ampat, deh! 


Mari kita berdoa, semoga pandemi ini cepat berlalu. Semoga semua yang telah berupaya dengan keras dalam pencegahan penyebaran virus selalu diberi kesehatan. Sehingga, kita bisa kembali berkumpul dengan orang-orang yang kita cintai. Setelah itu, baru deh merealisasikan wisata virtual jadi wisata sebenarnya. Sekarang, kita bersabar dan dukung terus anjuran pemerintah, yah!
 

Tetap samangat!

 

#dihatiKU #KAmudekat #KuKauntukIndonesia #kukaakusuka




Sumber: kemenparekraf.go.id

(Rhyka)
 
 
 
 
 

Comments
Use a Facebook account to add a comment, subject to Facebook's Terms of Service and Privacy Policy. Your Facebook name, photo & other personal information you make public on Facebook will appear with your comment, and may be used on Starvision's media platforms. Learn more.