COVID-19 : JANGAN PANIK! TETAP WASPADA DAN JAGA DAYA TAHAN TUBUH #JANGANTUNGGUSAKIT

14 Mar 2020   Ku Ka   Kabar Ku Ka   Dibaca : 134 kali.
COVID-19 : Jangan Panik! Tetap Waspada dan Jaga Daya Tahan Tubuh #JanganTungguSakit

Pada 31 Desember 2019, The World Health Organization (WHO) diberitahu mengenai wabah virus jenis baru yang terdeteksi di Kota Wuhan, Provinsi Hubei, Cina yang merupakan kota terbesar ketujuh di Cina dengan 11.000.000 penduduk. Virus corona atau Covid-19 yang terdeteksi ini menyebabkan penyakit mulai dari flu biasa sampai Severe Acute Respiratory Syndrome (SARS), dimana SARS sendiri pada tahun 2002 lalu juga mejadi wabah di Cina dan menjangkiti 8.098 orang. Sampai dengan saat ini pasien yang terkena Covid-19 di Cina mencapai > 80.000 kasus dan menyebar ke berbagai negara lainnya. Lalu apa saja gejalanya? Nih guys, berikut beberapa gejala yang harus diwaspadai, antara lain:
  1. Gangguan pernafasan (hidung meler/flu)
  2. Demam
  3. Batuk
  4. Nafas pendek

Berdasarkan data case john-hopkins university yang didapat mengenai analisis penyebaran Covid-19, di berbagai negara menunjukkan bahwa virus ini menyebar secara eksponensial*, kecuali jika dilakukan intervensi yang masif dan cepat dari pemerintah.

*eksponensial = penyebaran virus yang semakin lama semakin cepat

Perbandingan tingkat penyebaran di Indonesia dengan negara-negara yang memiliki jumlah kasus tinggi



- Lebih tinggi dibandingkan: Prancis, Jerman, Italia, Jepang, Korea Selatan, Singapura, Spanyol dan Taiwan
- Lebih rendah dibandingkan: Iran, Amerika Serikat dan Swiss

Karena penyebarannya yang cepat, diperlukan upaya terbaik dari pemerintah agar jumlah pasien tidak melebihi kapasitas maksimal rumah sakit yang tersedia di suatu daerah atau negara. Tanpa adanya respon yang cepat dan baik dari pemerintah, maka penyebaran virus bisa tidak terkontrol dan jumlah orang yang sakit bisa melebihi kapasitas layanan kesehatan sehingga bisa menyebabkan kenaikan korban jiwa.




Sambil menunggu penanggulangan dari pemerintah, kita bisa melakukan beberapa tindakan untuk menekan penyebaran virus corona. Yuk, mulai lakukan beberapa hal dibawah ini!


   Social Distancing yaitu menghindari datang ke tempat yang banyak orang apabila tidak dalam keadaan mendesak. Virus corona dapat menyebar sejauh 2 meter apabila penderita batuk atau bersin. Kurangi juga bersentuhan atau bersalaman dengan orang lain. 
  Sering cuci tangan minimal 20 detik
  Hindari memegang muka, hidung dan mulut dengan tangan
  Gunakan tissue dan etika batuk atau bersin  
  Bersihkan barang yang sering disentuh seperti handphone
  
Segera cek ke dokter dan berada di rumah apabila sakit

Gambar: www.freepik.com

Selama kamu membantu menekan penyebaran virus corona dengan #DirumahAja, banyak hal produktif yang bisa kamu lakukan lho! Nih contohnya:

  • Membersihkan & menata ulang ruangan rumah
  • Belajar memasak
  • Membaca buku
  • Yoga & meditasi
  • Mencoba menulis
  • Nonton film
  • Belanja online di www.kuka.co.id untuk menunjang daya tahan tubuh #SaatnyaLokal #JanganTungguSakit
Yuk bisa yuk untuk tidak menyebar kepanikan dan memerangi virus corona bersama sehingga dampak yang ditimbulkan tidak jauh lebih buruk. Ku Ka akan terus waspada dan memberi informasi perkembangan mengenai Covid-19 termasuk dari kota Yogyakarta karena kantor Ku Ka juga ada disana. Jangan lupa posting produk-produk lokal yang kamu beli serta mention instagram @kuka_akusuka ya.. 

Sumber : CatchMeUp!
 

 
 

Comments
Use a Facebook account to add a comment, subject to Facebook's Terms of Service and Privacy Policy. Your Facebook name, photo & other personal information you make public on Facebook will appear with your comment, and may be used on Starvision's media platforms. Learn more.