BAK, BAK APA YANG BISA DIMAKAN?

18 Mar 2019   Ku Ka   Saatnya Lokal   Dibaca : 490 kali.
Bak, Bak Apa Yang Bisa Dimakan?

Hi guys, biar nggak garing, main tebak-tebakan dulu yuk!

Bak, bak apa yang bisa dimakan? Hayo..Yang pasti bukan bak mandi. Makanan dengan awalan bak ini sangat mudah kamu jumpai sehari-hari. Yuk kita cicipi satu per satu.


Bakso


Foto: Tribun Travel


Bakso pertama kali diperkenalkan oleh pedagang Tiongkok yang menetap di Indonesia. Namun, sejarah bakso di Indonesia mengalami perubahan pada resep asli yakni menggantinya dengan daging sapi, begitu juga dengan bumbu menggunakan rempah-rempah yang cocok dengan lidah orang Indonesia. Asal nama bakso terdiri dari dua suku kata yakni Bak dan So. Bak berarti daging dan So yang berarti kuah. Di dataran China, daging babi sudah biasa di kalangan penduduk. Namun, saat memasuki kawasan Indonesia, daging babi diganti dengan daging lainnya seperti daging sapi, ayam, dan ikan (seafood). Ada pula dalam Bahasa Hokkien yang secara harfiah Bak-So berarti “daging giling”.  Jadi pengen bakso. Abang tukang bakso mari-mari sini, aku mau beli!


Bakwan
 

Foto: cookpad.com


Nama bakwan juga berasal dari bahasa Tiongkok, yaitu bak yang artinya daging dan wan yang artinya bulat. Jadi, bakwan artinya daging yang bulat. Pada resep awalnya, bakwan memang dibuat dari daging atau udang. Namun, lama-lama bakwan banyak dibuat dari sayuran. Di Indonesia sebutan lain bagi bakwan adalah bala-bala. Bakwan yang termasuk favorit adalah bakwan jagung, dicocol pakai sambal enaknya tiada tara.


Bakmi
 

Foto: Bakmi Club


Sajian ini yang dipopulerkan oleh pedagang-pedagang Tiongkok yang berdagang ke Indonesia. Bakmi juga sering disebut yamien atau yahun. Bakmi adalah sebutan dari bahasa Hokkian, yang secara harfiah jika diterjemahkan berarti berarti daging mie (Bak dalam bahasa Hokkian berarti daging). Saat ini kamu dengan mudah bisa menemukan bakmi di Indonesia, mulai dari yang berlokasi di mal maupun di ujung-ujung gang. Nikmatnya boleh diadu.


Bakpia
 

Foto: bakpia kurnia


Istilah bakpia juga berasal dari dialek Hokkian yaitu dari kata "bak" yang berarti daging dan "pia" yang berarti kue, yang secara harfiah berarti roti berisikan daging. Diperkenalkan oleh para pedagang Tiongkok yang menetap di Indonesia. Selain isi daging, saat ini kamu dengan mudah bisa menemukan bakpia isi kacang hijau, coklat, keju, dan berbagai macam rasa lainnya.


Bakpao


Foto: Tribun Style


Bakpao merupakan makanan tradisional Tionghoa. Dikenal sebagai bakpao di Indonesia karena diserap dari bahasa Hokkian yang dituturkan mayoritas orang Tionghoa di Indonesia. Pao itu berarti bungkusan, dan bak itu artinya daging, jadi bakpao berarti bungkusan daging. Bakpao sangat direkomendasikan dinikmati selagi hangat, setelah dikukus.


Nah sudah tahu dong makanan-makanan yang berawalan bak yang bisa dimakan. Yang menjadi kesamaan adalah pada awal berbahan utama dari bak (daging) dan sama-sama berasal dari Tiongkok yang kemudian melebur dengan budaya dan cita rasa lokal. Jajan bakso dan bak-bak yang lain yu!


Kamu bisa temukan item-item tersebut di website kuka.co.id


Sumber: sejarahlengkap.com, bobo.grid.id, wikipedia


 

 

(Frans Palangan)

Comments
Use a Facebook account to add a comment, subject to Facebook's Terms of Service and Privacy Policy. Your Facebook name, photo & other personal information you make public on Facebook will appear with your comment, and may be used on Starvision's media platforms. Learn more.