KENAPA FEBRUARI CUMA SAMPAI TANGGAL 28 YA?

28 Feb 2019   Ku Ka   Gaya Hidup   Dibaca : 498 kali.
Kenapa Februari Cuma Sampai Tanggal 28 Ya?

Kalender yang biasa terpajang di sekitar kita merupakan kalender masehi, kalender yang diakui dan digunakan sebagai standar internasional. Dari semua bulan yang tertera di kalender Masehi, Februari merupakan satu bulan paling unik karena hanya memiliki 28 hari di dalamnya, kira-kira kenapa ya?


Foto: An-Najah


Semua berawal dari kalender Romawi. Pada masa pemerintahan Julius Caesar jumlah bulan dalam setahun hanya 10, dimulai dari dari bulan Martius atau yang kita kenal dengan bulan Maret.
 

Foto: BBC


Seiring dengan berjalannya waktu, khususnya ketika Julius Caesar kembali dari Mesir, kemungkinan terdapat masukan dari para ilmuwan Mesir mengenai perhitungan hari pada kalender pada saat itu, maka ditambahkan bulan Januarius dan Februarius untuk menggenapi jumlah 365 hari. Februarius sendiri memiliki arti pemurnian. Awalnya Februari mendapatkan hitungan 29 hari di tahun biasa dan 30 hari untuk tahun kabisat.


Foto: Federalna.ba


Pengurangan jumlah hari di Februari justru terjadi pada masa pemerintahan Kaisar Agustus, sang kaisar merubah nama bulan Sextilis atau bulan ke delapan menjadi Agustus dan menambahkan jumlah hari bulan tersebut menjadi 31 hari. Sehubungan dengan tidak mungkin menambahkan jumlah hitungan hari dalam satu tahun, maka Kaisar Agustus mengurangi jumlah hari di bulan Februari.


Jadi bisa dibilang, bulan Februari merupakan bulan yang telah mengorbankan dirinya di suatu masa kekuasaan. Terima Kasih Februari! Selamat Datang Maret! Saatnya berkarya lebih baik.


Sumber :

www.studiobelajar.com

Kompas.com



(Stephanie Edelweis/ Editor: Frans Palangan)

Comments
Use a Facebook account to add a comment, subject to Facebook's Terms of Service and Privacy Policy. Your Facebook name, photo & other personal information you make public on Facebook will appear with your comment, and may be used on Starvision's media platforms. Learn more.