URBAN FARMING YUK BIAR NGGAK GAMPANG STRESS

14 Jan 2019   Ku Ka   Gaya Hidup   Dibaca : 890 kali.
Urban Farming Yuk Biar Nggak Gampang Stress

Kadang jenuh dengan kerjaan, tugas sekolah, macetnya jalanan?

Cobain deh urban farming. Wow, apaan tuh? Jadi gini guys, urban farming merupakan kegiatan memaksimalkan lahan terbatas untuk bercocok tanam dengan wadah pot, polybag, botol-botol bekas, maupun secara hidroponik.. Kamu bisa lakukan di rumah, apartemen, kost maupun di lingkungan kantor.


Cara ini terbukti ampuh untuk mengatasi stress karena rutinitas sehari-hari.

Kamu bisa menanam sayur-sayuran, bumbu dapur, hingga buah-buahan. Kalau kamu telaten, selain bisa untuk memenuhi kebutuhan kamu sendiri, sayur-sayuran tersebut bisa kamu jual juga sebagai bagian dari kebun organik.


Bingung tanaman-tanaman apa aja sih yang cocok di lahan yang terbatas?

Nih bocorannya guys!


 

Bawang Merah & Bawang Putih


Foto: klikdokter


Jadi ingat judul dongeng ya. Bawang merah dan bawang putih ini sempat harga perkilogramnya lebih mahal dari beras lho guys! Bawang merah dan bawang putih ini merupakan bahan masakan wajib yang mesti ada di dapur. Daripada beli mending tanam sendiri. Daun bawangnya juga berfaedah untuk campuran kalau kamu bikin telur dadar.


Cabai


Foto:rasapennasaran.blogspot.com


Cabai ya guys bukan cabe-cabean. Kamu bebas mau tanam cabe apapun mulai dari cabai yang level nggak pedas hingga level super pedas. Harga cabai di pasaran juga cenderung naik terutama menjelang hari Raya Idul Fitri.


Sawi


Foto: RuangTani.Com


Kamu tinggal semai bibit sawi di wadah yang telah kamu siapkan. Pastikan selalu cukup pupuk dan air. Dalam hitungan bulan kamu sudah bisa panen lho. Kebayang dong nikmatnya sayur sawi hasil kebun sendiri. Bisa dibikin capcay, campuran mie ayam, atau soup deh.


Kangkung


Foto: BibitBunga.com


Sayur kangkung juga termasuk sayuran yang mudah dibudidayakan di pekarangan yang sempit. Sama halnya dengan sawi, kamu bisa menyebarkan benih-benih kangkung pada media tanam. Tunggu dalam beberapa minggu kangkungmu siap dipanen. Lumayan buat stok sayuran di kulkas.


Yuk mulai sekarang ikut kegiatan urban farming, badan sehat, stress jauh dan kebutuhan sayur-mayurmu tetap terpenuhi jadi nggak bikin kantong bolong deh!


Foto sampul: Home.co.id


(Frans Palangan)

Comments
Use a Facebook account to add a comment, subject to Facebook's Terms of Service and Privacy Policy. Your Facebook name, photo & other personal information you make public on Facebook will appear with your comment, and may be used on Starvision's media platforms. Learn more.