DUH, NYESEL BANGET KALAU KAMU NGGAK NYOBAIN MAKANAN INI DI JOGJA

14 Nov 2018   Ku Ka   Saatnya Lokal   Dibaca : 767 kali.
Duh, Nyesel Banget Kalau Kamu Nggak Nyobain Makanan Ini di Jogja

Jogja memang identik dengan kota gudek. Tapi ternyata bukan cuma gudek aja lho menu makanan yang khas dari kota ini. Makanan-makanan di bawah ini juga mesti kamu cobain saat berkunjung ke Jogja, dijamin bikin lidah bergoyang. Rugi kalau kamu nggak nyobain.


Mie Lethek


Foto: travel.tribunnews.com


Yang khas dari Mie Lethek ini adalah bahan dan cara pembuatannya. Terbuat dari singkong yang telah dibersihkan kemudian dibentuk menjadi adonan mie dengan bantuan tenaga sapi. Unik ya guys. Kamu juga bisa lihat langsung proses pembuatan Mie Lethek. Rasanya gimana? Gurih segar dan bikin kamu bersemangat kembali.


Geblek
 

Foto: instagram.com/sukaiburu.id


Ini bukan umpatan kasar ya guys! Geblek adalah camilan yang terbuat dari singkong. Sekilas mirip cireng. Cocok banget buat jadi teman ngopi-ngeteh di sore hari. Rasanya asin gurih-gurih nyoi. Cocoknya dicocol ke sambal kecap.


Sate Klatak


Foto: instagram.com/angkytan


Kalau di tempat lain tusuk satenya terbuat dari bambu atau kayu. Nah, kalau yang ini beda lho! Daging kambing segar yang sudah dipotong-potong dadu ditusuk dengan menggunakan jeruji besi roda sepeda. Tingkat kematangannya lebih maksimal dengan rasa yang khas. Bumbunya juga nggak neko-neko, cukup diberi bumbu garam dan sedikit ketumbar halus. Sate ini dapat dinikmati sepaket dengan nasi putih, kuah gulai dan potongan cabe rawit. Duhh jadi laper.


Rujak Es Krim


Foto: instagram.com/kokokulineran


Rujak dikasih topping es krim? Rasanya gimana? Pasti ngebayanginnya aneh banget ya. Udah deh nggak usah dibayangin, langsung aja nyobain. Yang jelas perpaduan rasa pedas segar berpadu dengan rasa manis lembut dari es krim. Nano-nano pokoknya. Cocok dinikmati saat lagi matahari sedang terik-teriknya.


Entok Slenget


Foto: instagram.com/jogjakakilima
 

Sepupunya bebek udah kenal? Kalau belum, kamu bisa kenalan dulu sama si entok ini. Yang jelas doi lebih pendek dari bebek. Entok Slenget punya cita rasa pedas gurih. Nampol banget dinikmati dengan nasi hangat. Kamu pasti maunya nambah terus.


Kipo


Foto: instagram.com/jajaninajadulu

Jadi orang jangan kipo (eits itu kepo!). Kipo di sini adalah jajanan lucu berwarna hijau lumut. Terbuat dari adonan tepung ketan yang dibentuk pipih dan diberi isi enten-enten (parutan kelapa yang dimasak dengan gula jawa). Rasa manisnya mampu mengobati kehidupanmu yang pahit, asek.


Yakin masih nggak mau nyobain makanan-makanan yang menggoda di atas?


Foto sampul: instagram.com/enakfood.id



(Frans Palangan)

Comments
Use a Facebook account to add a comment, subject to Facebook's Terms of Service and Privacy Policy. Your Facebook name, photo & other personal information you make public on Facebook will appear with your comment, and may be used on Starvision's media platforms. Learn more.