MESKIPUN BAU, PETE TERNYATA BANYAK MANFAAT LOH!

12 Oct 2018   Ku Ka   Kulineran!   Dibaca : 623 kali.
Meskipun Bau, Pete Ternyata Banyak Manfaat loh!

Ayo tebak kecil, berwarna hijau, baunya menyengat dan biasa dijadikan makanan apa hayo? Yap, petai! Makanan yang sering dijadikan olahan masakan ini peminatnya cukup banyak di Indonesia meskipun setelah makan petai mulut terasa bau. Petai termasuk ke dalam kategori buah. Bau yang dihasilkan petai berasal dari kandungan asam amino yang mengandung unsur sulfur. Kandungan inilah yang membuat biji petai menghasilkan bau menyengat. Tapi jangan berprasangka buruk kawan, meskipun bau menyengat dan sebagian orang tidak suka dengan baunya namun petai memiliki manfaat bagi tubuh loh. Ngga percaya? Simak point berikut ini


Mencegah Terjadinya Anemia

Foto : obatantibiotik.com

Anemia adalah suatu kondisi ketika tubuh kekurangan sel darah yang mengandung hemoglobin untuk menyebarkan oksigen ke seluruh organ tubuh. Dengan kondisi tersebut, penderita biasanya akan merasa letih dan lelah, sehingga tidak dapat beraktivitas secara optimal. Ternyata petai mampu mencegah terjadinya anemia pada seseorang karena petai mengandung zat besi yang tinggi. Jadi buat kamu yang sering merasa anemia/darah rendah, perbanyak makan petai ya!


Aman Bagi Lambung

Foto : jagat-resep.blogspot.com

Lambung menjadi organ yang sensitif terhadap makanan. Namun, kandungan serat yang tinggi pada petai tidak akan menimbulkan efek negatif terhadap lambung. Justru petai dapat menetralisir asam lambung, mengurangi iritasi dan luka pada bagian lambung dan mencegah terjadinya infeksi pada lambung. Lambung sehat ya makan petai!


Mencegah Depresi

Foto : saliha.id

Petai mengandung zat tryptophan dan juga vitamin B yang berfungsi untuk mengatur kadar gula darah, juga dapat membantu menstabilkan mood dan mengurangi depresi. Maka dari itu biar kamu ngga cepet depresi lebih baik banyakin makan petai ya!


Membantu Untuk Berhenti Merokok

Foto : lethoy-oyoy.blogspot.com

Bagi kamu yang perokok, ternyata petai dapat membantu niat kamu untuk berhenti merokok. Kandungan vitamin b6, vitamin b12, kalium dan magnesium dapat mempercepta efek penghentian nikotin yang masuk ke dalam tubuh. Kamu bisa menambahkan petai dalam menu makan sehari-hari. Daripada mulut bau dengan rokok mending mulut bau petai.


Menghilangkan Gatal Akibat Gigitan Nyamuk

Foto : guruilmuan.blogspot.com

Tidak hanya biji petai, kulit petai juga menghasilkan manfaat. Salah satu nya adalah menghilangkan gatal akibat gigitan nyamuk. Kamu bisa menggosokan kulit bagian dalam petai pada area yang gatal akibta gigitan nyamuk. Seketika gatal mu berkurang dan menghilang deh.


Itu dia segelintir manfaat yang dihasilkan dari petai. Jadi jangan sungkan untuk mengkonsumsi petai ya sebelum makan petai dilarang.




Veronica

Comments
Use a Facebook account to add a comment, subject to Facebook's Terms of Service and Privacy Policy. Your Facebook name, photo & other personal information you make public on Facebook will appear with your comment, and may be used on Starvision's media platforms. Learn more.