MELESTARIKAN BUDAYA, MEMBERDAYAKAN PEREMPUAN

13 Apr 2018   Ku Ka   Ku Ka Sosial   Dibaca : 649 kali.
Melestarikan Budaya, Memberdayakan Perempuan

Kain tradisional Indonesia mendapat tempat tersendiri di hati para pendiri Lawe. Melihat tantangan yang dihadapi oleh para perajin tradisional yang mempunyai keterbatasan dalam memasarkan hasil karyanya dan merasa tidak mampu bersaing dengan kain modern hasil industri tekstil, Lawe tergerak untuk menjembatani para perajin tradisional. Karya yang dihasilkan oleh para perajin hanya terbatas pada kain lembaran dan selendang, Lawe membuatnya menjadi produk fungsional sehingga mampu bersaing di pasar modern dengan bahan kain tradisional.

Foto : instagram.com/laweindonesia

Lawe menghimpun kurang lebih 30 perajin  untuk mewujudkan desain produk pengembangan kain. Untuk menghasilkan kain tenun tradisional yang berkualitas, Lawe bekerja sama dengan para penenun. Setiap produk yang dibuat melalui proses panjang. Desain produk disesuaikan dengan kapasitas dan kemampuan seniman. Sumber daya manusia menjadi keunggulan kompetitif maka dalam setiap langkah pembuatan produk harus melalui diskusi. Ketika produk desain telah terbentuk maka komunikasi dengan perajin diperlukan untuk mengetahui apakah mereka dapat menghasilkan sesuai dengan desain yang telah ada. Apabila mampu maka desain siap diproduksi, namun jika para perajin merasa kesulitan maka Lawe menyederhanakan desain menyesuaikan dengan kemampuan para perajin tanpa menghilangkan keunggulan dari setiap produk.





Foto : instagram.com/laweindonesia

Produk yang dihasilkan sangat beragam mulai dari tas, boneka, pouch, tempat pensil, gantungan kunci, dompet, dan selendang. Berbagai event telah diikuti untuk memasarkan produknya hingga di kenal oleh masyarakat luas.

Foto : laweindonesia.com

Tak cukup memberdayakan perajin dan penenun, Lawe juga mengadakan pelatihan dengan berbagai ketrampilan untuk kaum perempuan. Pelatihan ini tergantung dengan daya dukung lingkungan sehingga melihat potensi masyarakat dan lingkungan sehingga akan mudah diterapkan para peserta secara mandiri.


Foto : instagram.com/laweindonesia

Yuk dukung  Lawe untuk tetap melestarikan kain tradisional dan membantu para penenun dan perajin untuk menjadi wanita mandiri sehingga dapat meningkatkan taraf hidupnya. Berbagai produk Lawe bisa kamu temui dan beli di kuka.co.id/laweindonesia





(Veronica)

Comments
Use a Facebook account to add a comment, subject to Facebook's Terms of Service and Privacy Policy. Your Facebook name, photo & other personal information you make public on Facebook will appear with your comment, and may be used on Starvision's media platforms. Learn more.